https://australia.times.co.id/
News

Gempabumi di Selat Sunda, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Wednesday, 26 August 2020 - 08:23
Gempabumi di Selat Sunda, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami Ilustrasi - gempa bumi (FOTO: via cdph.ca.gov)

TIMES AUSTRALIA, JAKARTA – Gempabumi tektonik dengan magnitudo 5, terjadi pada Rabu, 26 Agustus 2020 pukul 06:27 WIB di wilayah Selat Sunda. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menyatakan gempabumi di Selat Sunda tersebut tidak berpotensi tsunami.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,75 LS dan 104,56 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 141 kilometer (km) arah selatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada kedalaman 43 km.

Dalam keterangannya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," ujarnya.

BMKG juga melaporkan, guncangan gempabumi tersebut dirasakan di daerah Labuan IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Pandeglang II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), dan Tanggamus I-II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Rahmat Triyono.

Pasca gempabumi di Selat Sunda pagi ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (*)

Writer : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Latest News

icon TIMES Australia just now

Welcome to TIMES Australia

TIMES Australia is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.