News

Presiden RI Jokowi Minta Kementerian dan Pemda Belanja Masker Besar-Besaran

Tuesday, 04 August 2020 - 12:37
Presiden RI Jokowi Minta Kementerian dan Pemda Belanja Masker Besar-Besaran Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan).

TIMES AUSTRALIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi meminta kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga Pemerintah Daerah (Pemda) membeli masker dalam skala besar.

"Beliau meminta kementerian, BUMN, dan Pemda, agar belanja masker besar-besaran," ucap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy kepada wartawan, Selasa (4/8/2020).

Perintah belanja besar-besaran tersebut ditujukan untuk menyukseskan kampanye penggunaan masker dalam dua pekan ini.  Jokowi ingin mengampanyekan satu persatu aspek yang ada di dalam protokol kesehatan agar masyarakat paham.

Untuk mengefektifkan kampanye tersebut, Jokowi ingin ibu-ibu organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dilibatkan. Nantinya, relawan akan menyosialisasikan penggunaan masker secara door to door.

"Untuk gerakan tersebut, Presiden meminta agar organisasi ibu-ibu terutama PKK, dilibatkan," jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua PP Muhammadiyah ini mengatakan Jokowi meminta agar sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan dilakukan satu persatu.

"Khususnya untuk masyarakat awam. Dimulai yang paling esensial yaitu memakai masker. Di samping melalui penyadaran, juga harus berupa tindakan, yaitu gerakan bagi-bagi masker," imbuh Muhadjir.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi ingin aspek yang ada di dalam protokol kesehatan dikampanyekan satu persatu. Semisal pada dua pekan pertama menyosialisasikan penggunaan masker, lalu pada pekan berikutnya jaga jarak, cuci tangan, dan lain sebagainya.

Menurut Jokowi, mengampanyekan satu persatu aspek protokol kesehatan sangat penting agar masyarakat, khususnya yang berada pada lapis bawah, memahami betul esensi dari program mitigasi itu.

Presiden RI Jokowi menuturkan, model kampanye secara mendetail ini akan lebih efektif jika melibatkan ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). (*)

Writer : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Latest News

icon TIMES Australia just now

Welcome to TIMES Australia

TIMES Australia is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.